Monday, May 20, 2013

Perlengkapan alat untuk membuat jaringan komputer




Perlengkapan alat untuk membuat jaringan komputer. Jaringan komputer dibutuhkan untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer yang lain. Biasanya jaringan komputer di manfaatkan untuk, Warnet, Game Jaringan, Program jaringan dan keperluan lainnya. Tetapi ketika kebutuhan sebuah jaringan di perlukan ternyata memerlukan jutaan rupiah untuk membayar jasa perakitan jaringan komputer. Untuk itu alangkah lebih baiknya kita merakit sendiri sebuah jaringan komputer, atau kemampuan kita bisa di manfaatkan untuk membuka lahan jasa perakitan jaringan komputer. Mula-mula kita harus mengenal perlengkapan alat yang di butuhkan untuk membuat jaringan komputer, berikut akan kita ulas dengan sederhana dan mudah untuk di pahami bagi pemula:

Alat inti yang wajib ada untuk membuat sebuah jaringan komputer :
1. LAN Card.
alat ini berada dalam sebuah CPU, sebagai tempat memasang konektor RJ.







2. Konektor RJ 45
adalah ujung dari kepala kabel UTP, sebagai pengait atau penghubung atar perangkat.








3. Kabel UTP
kabel yang digunakan untuk menghubungkan antar komputer atau perangkat jaringan lainnya.








4. Tang Krimping
alat ini dibutuhkan untuk menekan konektor RJ pada kabel UTP











5. HUB
Keempat alat di atas sudah cukup untuk merangkai sebuah jaringan komputer, tetapi hanya untuk dua komputer saja, sedangkan jika anda ingin memasang jaringan komputer dengan jumlah komputer yang lebih banyak maka anda membutuhkan alat HUB yang digunakan untuk membuat cabang jaringan.





Alat tambahan atau pendukung untuk membuat sebuah jaringan komputer :

1. Modem External
Alat ini di gunakan jika anda membutuhkan sebuah jaringan komputer yang terhubung dengan internet.





2. Test Signal/ Lan tester
Alat ini di dibutuhkan, jika anda ingin cepat mengetahui bahwa sebuah kabel UTP sudah bisa terhubung dengan sebuag jaringan. jadi fungsi dari alat ini adalah untuk mengetest koneksi sebuah kabel jaringan. Tanpa menggunakan alat tes signal anda bisa menggunakan PING di command prompt atau yang dikenal dengan CMD.
















1 comment: